Sen. Mei 17th, 2021

Teras Berita

Terarah, Aktual, Cerdas

Manusia Gerobak

1 min read

Oleh : Rika Heriani

Sudah tidak asing lagi setiap menjelang bulan Ramadan mulai bermunculan “manusia gerobak”, pengemis dan pengamen lainya. Mereka biasanya sering mangkal di tempat keramaian pinggir jalan, di pinggir jalan perumahan.

Macam- macam alasannya, kalau lagi bulan Ramadan mereka berharap belas kasihan, karena di bulan Ramadan banyak orang yang berlomba berbuat kebaikan. Kondisi tersebut dapat dipahami sebagai akibat kemiskinan yang melanda serta sulitnya mencari pekerjaan dan menjadi alternatif sebagai respon dari tekanan hidup dan cara mempertahankan kelangsungan hidupnya, apalagi di masa pandemi seperti sekarang ini.

Miris melihat keadaan seperti ini. Mereka tidak punya tempat tinggal, sehingga mereka membawa serta merta keluarganya kehujanan, kepanasan, kelaparan. Mereka juga berpindah pindah tempat.

Dari kisah ini ada hal yang dapat kita petik yaitu selalu mensyukuri nikmat yang telah Allah berikan, karena di luar sana masih banyak orang yang kekurangan untuk memenuhi kebutuhan hidupnya. Dan sebagai manusia sosial hal ini mengingatkan kita untuk selalu berbagi kepada sesama manusia.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © All rights reserved. | Newsphere by AF themes.