Sen. Mei 17th, 2021

Teras Berita

Terarah, Aktual, Cerdas

Ramadan Dengan Spirit Takwa

2 min read

Oleh : Churin Syahidah

Ramadan adalah bulan penuh berkah, penuh rahmat, dan maghfiroh. Banyak sekali keistimewaan bulan ramadan, sehingga menjadikan spirit atau perjuangan yang luar biasa. Spirit melawan hawa nafsu. Juga tak kalah pentingnya spirit takwa dengan penegakan syariat islam.

Suasana di langit luar biasa, surga-surga yang sudah indah dihias lebih indah. Ada Surga Ar-Rayyan, khusus bagi orang yang puasa ramadan. Penduduk langit bergembira. Begitupun penduduk bumi senantiasa menjaga spirit ramadan walau di tengah pandemi. Dengan menambah kedekatan kita pada Allah. Memperbagus yang menjadi kewajiban, memperbanyak amalan sunah, dan meninggalkan yang mubah. Yang makruh dan haram jelas diakhiri.

Hal ini adalah wujud spirit keimanan pada Allah SWT. Dalam surat Al-Baqoroh ayat 183, dijelaskan hikmah kewajiban puasa tidak lain adalah agar kita menjadi orang-orang yang bertakwa. Yakni yang melaksanakan semua perintah Allah dan menjauhi larangannya. Dalam artian ketaatan yang benar-benar hakiki.

Ketaatan juga harus diwujudkan dalam semua sisi kehidupan. Yakni individu, masyarakat, dan negara. Jadi yang harus dilakukan adalah pertama, memantaskan diri sebagai hamba yang kokoh keimanannya. Kedua, maksimal dalam melakukan upaya perubahan menuju ketaatan. Sebagaimana dalam firman Allah surat Al-Baqoroh ayat 208. Dijelaskan kepada orang beriman untuk berislam secara kaffah, secara totalitas tunduk pada Allah dalam semua syariat.

Semua itu bisa dicapai karena hikmah puasa di bulan ramadan agar menjadi mukmin yang bertakwa. Wujud takwa adalah ketaatan total kepada Allah SWT dengan tegaknya syariah Islam dalam setiap dimensi kehidupan. Yang perlu diperhatikan tegaknya syariat Islam mengharuskan perjuangan umat Islam. Perjuangan itu tidak hanya dalam ramadan saja yang penuh rahmat. Namun di bulan-bulan lainnya juga terus spirit mendapat rahmat bagi seluruh alam. Melalui institusi islam yakni dalam bingkai Khilafah, sempurnalah ketaatan pada Allah SWT. Karena sudah dijanjikan Allah. Begitupun spirit takwa tidak hanya pada ramadan tapi sepanjang hayat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © All rights reserved. | Newsphere by AF themes.