Sel. Des 10th, 2019

Teras Berita

Terarah, Aktual, Cerdas

MENJAGA ‘MOOD’ SEPANJANG HARI

3 min read

Oleh : Syamsul Arifin

Dalam kehidupan di dunia ini, manusia kadang sehari full menjalani tugas di kantor, di sekolah, di sawah, dan lain sebagainya dalam keadaan MOOD (Suasana Hati) yang nyaman, tentram, adem, enjoy, pokoknya sehari full hidup ini kayak ibadah banget. Tapi kadang hari tertentu manusia dalam menjalani tugas itu malas, capek, aras arasan (malas dalam bahasa Jawa), bahkan sehari itu kayak lama banget, ketemu dengan orang mau marah dan lain sebagainya. Ya begitulah kadang MOOD (suasana hati) kita dalam sehari – hari itu tidak tetap, kadang bahagia, ceria, gembira, senang, enjoy, dan lain sebagainya. Tapi kadang MOOD (suasana hati) kita dalam hari tertentu dalam keadaan sedih, malas, marah, dendam, aras – arasan (malas dalam bahasa Jawa), dan lain sebagainya. Kenapa hal tersebut terjadi? Bagaimana caranya agar kita bisa menjaga MOOD itu tetap stabil dalam keadaan semangat menghadapi hidup ini yang pasti banyak cobaan, rintangan, dan lain sebagainya?. Saudaraku yang dirahmati Allah. Berikut ini al – Faqir ingin memberikan tips agar hidup ini kita senantiasa bisa menjaga MOOD tetap semangat sepanjang hari :

1. Ketika bangun Pagi Langsung Mandi. Maksudnya adalah ketika kita misalnya pukul 03.00 sudah bangun dari tidur kita, maka mulai buka mata kita perlahan tetap sambil baring dikasur selama kurang lebih lima menit, lalu duduk sekitar lima menit, lalu berdiri sekitar lima menit, lalu menuju kamar mandi. Tentu jangan lupa masuk kamar mandi berdoa biar syaithan tidak bisa mengganggu kita di kamar mandi. Caranya mandi adalah cuci tangan terlebih dahulu karena kita tidak tahu tangan kita tadi malam bermalam dimana, bisa jadi garuk – garuk dan lain sebagainya. Lalu basahilah kakinya, betisnya, terus berurut ke atas. Jika mandi wajib baru niatkanlah mandi wajib jika akan menyiramkan air ke rambut kita. Intinya kita mandi dengan harapan semoga dosa – dosa kita di ampuni, dan syaithan – syaithan yang ingin menggoda di tubuh kita minggat dan juga mengawali pagi kita dengan mandi sehingga tubuh kita jadi segar dan bugar, insya Allah sehari full kita akan semangat.

2. Bercermin Maksudnya adalah ketika kita sudah mandi lalu bercerminlah syukur – syukur cerminnya besar bisa bercermin dari ujung kepala sampai ujung kaki, dalam rangka apa kita bercermin? Jawabannya adalah dalam rangka mensyukuri nikmat Allah yang telah memberikan nikmat berupa rambut, kita bersyukur punya rambut ada orang lain yang tidak punya rambut, maka rawatlah rambut kita dengan baik dan usahakan rambut kita tidak digunakan untuk maksiat lebih – lebih yang perempuan rawatlah rambut anti jangan sampai di perlihatkan kepada selain mahramnya. Lalu lihatlah dahi anda, untung dahi kita tidak tumbuh rambut, bayangkan jika dahi kita tumbuh rambut kan kayak monyet. Lalu bersyukurlah dengan menjadikan dahi kita untuk senantiasa bersujud kepada Allah dalam shalat – shalat kita bahkan dalam shalat malam kita. Lalu turun ke alis, untung alis kita tidak tumbuh panjang seperti rambut, bayangkan jika alis kita tumbuh seperti rambut kayak apa jadinya? Lalu bersyukurlah dengan alis karena Allah, jangan cukur alis kita karena Allah sudah menciptakan alis kita sangat indah, kalau anda mencukurnya anda merusak ciptaan Allah yang begitu indah itu lalu anda ganti dan alis buatan yang tidak tahan air. Dan perbuatan mencukur alis itu haram. Lalu turun ke mata, syukurilah anda punya mata, banyak orang yang tidak bisa melihat, maka pergunakanlah mata kita untuk membaca yang baik – baik, muthala’ah, baca kitab, dan lain sebagainya. Lalu turunlah ke hidung, syukurilah kita punya hidung normal, lubangnya dibawah, bayangkan coba jika lubangnya di atas maka pasti ketika kita mandi kemasukan air, he he. Lalu terus turun ke mulut , alhamdulillah kita punya mulut, maka syukurilah mulut kita dengan memakan barang yang halal, menyampaikan dakwah, nahi mungkar, dan lain sebagainya. Lalu turun ke tangan, syukurilah kita punya tangan, banyak orang tidak punya tangan, maka syukurilah kita punya tangan utk kebaikan, bisa utk menulis kebaikan, membantu orang, me Like tulisan – tulisan tentang dakwah di dunia maya, dan lain sebagainya. Lalu terurn ke kaki, tidak semua orang punya kaki, maka syukurilah kita punya kaki, gunakan kaki kita untuk menghadiri majlis – majlis ta’lim, tabligh akbar, kontak tokoh, berdakwah, dan lain sebagainya. Lalu berdoalah sebagaimana doa bercermin. Saudaraku yang dirahmati Allah. Insya Allah jika hal tersebut anda lakukan tiap hari insya Allah anda sepanjang hari MOOD banget. MOOD anda akan terjaga selalu semangat. Ayo jaga MOOD kita mulai sekarang. Alhamdulillah al – Faqir sudah melakukan, anda kapan? Dan jangan lupa minimal tiap hari itu kita mandi 3 kali, insya Allah MOOD kita selalu mantap. Selamat mencoba!

2 thoughts on “MENJAGA ‘MOOD’ SEPANJANG HARI

  1. Semoga kita selalu dalam keadaan semangat menjalani hidup ini dan yg tidak kalah pentingnya semoga semua amal kita di terima di sisiNya

  2. Semoga saya dan sdr muslim pembaca artikel ini diberikan kemudahan utk dpt mengikuti kebiasaan baik tsb. Kabulkan lah Ya Allah ..

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © All rights reserved. | Newsphere by AF themes.