Sen. Mei 17th, 2021

Teras Berita

Terarah, Aktual, Cerdas

Gurita Korupsi Melanda Negeri, Sistem Islam Dinanti

1 min read

Oleh : Mitri

Beberapa waktu lalu, Lembaga Survei Indonesia (LSI) merilis hasil temuannya terkait perspektif Aparatur Sipil Negara (ASN) dalam hal korupsi. Hasil survei menyebutkan 21,5 % mengetahui praktik korupsi di instansi dan 19.8 % mengaku pernah didekati secara personal untuk dimintai tolong sewaktu-waktu. Temuan ini menunjukkan bahwa korupsi masih terjadi di instansi bahkan cenderung mengalami peningkatan.

Perilaku korupsi sangat dibenci masyarakat karena merugikan rakyat dan negara. Survei yang dilakukan pada bulan Januari-Maret 2021 ini pun menunjukkan bahwa praktik korupsi terjadi karena kurang pengawasan. Secara individu, ASN yang mengetahui praktik korupsi di sekitarnya lebih memilih diam dan tidak melapor karena takut mendapatkan masalah. Persepsi lain yang mendukung bahwa selama tindak pidana tersebut tidak melibatkan dirinya, tidak perlu turut campur untuk sekedar mengingatkan apalagi mengawasi.

Padahal seorang muslim ketika terjadi kemungkaran di sekitarnya, ia wajib mencegahnya. Minimal dengan ucapan atau nasihat jika memang tidak mampu berbuat banyak. Hilangnya kesadaran amar ma’ruf nahi munkar pada komunitas menyebabkan perilaku korupsi semakin tak terkendali. Jika level terkecil saja tidak peduli maka wajar level kelembagaan pun kurang berpartisipasi aktif mencegah korupsi. Terlihat ketika ada lembaga pengawasan dari internal pemerintahan seperti inspektorat tidak bisa berjalan. Keberadaan inspektorat ini masih lemah dari sisi kedudukan, wewenang maupun anggaran.

Sangat disayangkan, baik individu maupun kelembagaan negara masih kurang serius dalam memberantas korupsi. Secara personal maupun kelembagaan masih terjerat dengan lingkaran tata kelola aturan yang tidak benar. Maka, untuk mengatasinya memang butuh perubahan tata kelola sistem yang benar, adil dan diridhoi Allah SWT, yakni tata kelola Islam.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © All rights reserved. | Newsphere by AF themes.