Sen. Mei 17th, 2021

Teras Berita

Terarah, Aktual, Cerdas

Haruskah Sekolah Tatap Muka Saat Pandemi Masih Bertahan?

4 min read

Oleh : Endang Patmiasih

Beberapa Dinas Pendidikan di sebagian wilayah Indonesia bersiap melakukan belajar tatap muka pada Juli mendatang. Bahkan, beberapa wilayah di Jawa Timur sudah memulainya di awal April. Beberapa guru dan tenaga pendidik sudah dan sedang menjalani vaksin menuju sekolah tatap muka meski belum merata, lalu bagaimana dengan para peserta didik? Apakah akses mereka menuju ke sekolah juga sudah aman? Meski sebagian orang tua dan para peserta didik ingin segera terealisasi sekolah tatap muka, namun tidak sedikit yang merasa khawatir dan was-was akan risiko penularan Covid-19 yang grafiknya belum mau turun hingga kini.

Panduan Penyelenggaraan Pembelajaran di Masa Pandemi Coronavirus Disease 2019 akan berisiko tinggi terjadinya klister baru. Ini terjadi jika sekolah tatap muka dilakukan tanpa penyiapan memadai terhadap infrastruktur dan protokol kesehatan atau adaptasi kebiasaan baru di lingkungan satuan Pendidikan. Pihak sekolah juga harus melakukan sosialisasi protocol kesehatan ke pendidik, tenaga kependidikan, peserta didik dan orangtua peserta didik

Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) menilai bahwa bulan April dan Juni 2021 bukanlah momentum tepat untuk melakukan uji coba terbatas sekolah tatap muka. KPAI mengatakan seharusnya bulan-bulan tersebut digunakan untuk mempersiapkan infrastruktur dan protokol kesehatan di lingkungan sekolah. Komisioner KPAI Bidang Pendidikan, Retno Listyarti mengatakan bahwa penyiapan infrastruktur dan protokol kesehatan tidak bisa berjalan secara parallel dengan pembukaan sekolah tatap muka. Retno mengingatkan pemerintah agar memberikan perlindungan berlapis untuk keselamatan peserta didik saat sekolah tatap muka.

Sekolah Tatap Muka Masih Berisiko Tinggi

 Pakar Epidemiologi Universitas Indonesia, Tri Yunus Miko, Pembelajaran Tatap Muka (PTM) dapat dilakukan jika tingkat kasus positif infeksi virus corona di suatu daerah rendah atau kurang dari lima persen, sehingga masuk kategori zona aman.

KPAI menyatakan hanya 16,3 persen sekolah saja yang sudah siap melakukan pembelajaran tatap muka. Angka ini berdasarkan hasil pengawasan KPAI pada Juni-Nopember 2020 dari 49 sekolah di 21 kabupaten/kota pada 8 provinsi. Retno menambahkan, pemerintah daerah harus melakukan pemetaan sekolah mana saja yang sudah sisap dan belum siap melakukan pembelajaran tatap muka. Kemudian sekolah harus menyiapkan semua infrastruktur dalam adaptasi kebiasaan baru di sekolah, mulai dari wastafel yang memadai hingga alat thermogun yang menyesuaikan jumlah peserta didik agar tidak terjadi penumpukan atau kerumunan siswa saat diukur suhu tubuhnya. Selain itu, sekolah harus memiliki ruang ganti untuk warga sekolah yang naik kendaraan umum untuk berganti seragam.

Sangat disayangkan jika pemerintah hanya fokus mendengar desakan publik untuk membuka sekolah tatap muka. Sebab banyak nyawa masyarakat yang dipertaruhkan.

Pemerintah Bertanggungjawab Menyiapkan Sekolah di Masa Pandemi

Terkait dengan pihak yang mempunyai peran besar dalam penyelenggaraan Pendidikan, termasuk dimulainya pembelajaran tatap muka, maka pemerintahlah yang mempunyai tanggung jawab tersebut. Pemerintah harus memastikan kondisi aman bagi warga sekolah ketika dilangsungkannya PTM. Pemerintah juga harus menyiapkan beberapa hal terkait dilaksanakannya PTM antara lain :

Pertama, menyiapkan sarana dan alat-alat yang memadai seperti  westafel dan thermo gun.

Kedua, sekolah harus memiliki ruang ganti untuk warga sekolah yang naik kendaraan umum untuk berganti seragam.

Ketiga, sekolah juga menyediakan ruang isolasi sementara untuk kondisi darurat, misalnya jika ditemukan ada warga sekolah yang suhu tubuhnya di atas 37,3 derajat.

Keempat, para guru dan peserta didik tidak melepas masker selama proses belajar mengajar.

Kelima, guru melakukan pemetaan materi pembelajaran mengingat Pembelajaran Tatap Muka hanya separuh kelas.

Keenam, orang tua juga berperan melatih anak-anak mereka untuk menggunakan masker setidaknya empat jam tanpa lepas.

Semua hal di atas tidak akan lepas dari peran dan tanggug jawab pemerintah sebagai pihak yang menjamin penyelenggaraan Pendidikan yang aman bagi warganya.

Sistem Pendidikan Islam Menjamin Penyelenggaraan Pendidikan di Masa Pandemi

Dalam situasi apapun, termasuk di era pandemi, Islam menetapkan kebijakan penguncian areal yang terjangkiti wabah saja. Oleh karena itu, bagi wilayah yang tidak terjangkiti wabah, masyarakatnya tetap berhak mendapatkan Pendidikan di sekolah atau belajar dengan tatap muka. Sehingga masyarakat tidak perlu khawatir perluasan wabah, karena negara telah melakukan tindakan penguncian. Dengan model penanganan wabah seperti ini, persoalan Pendidikan di masa pandemi tidak akan berkepanjangan. Wilayah yang tidak terjangkiti tidak perlu resah dengan sekolahnya, dan pada wilayah yang terjangkiti, negara tetap menjamin hak pendidikan selaras dengan kebijakan penanganan wabah.

Kurikulum dalam Islam disusun mengikuti landasan Akidah Islam yang mampu mencetak out put yang berkepribadian islam, pola pikIr dan pola sikapnya islam, di samping diajarkan ilmu-ilmu terapan dan kecakapan hidup. Negara menyusun materi pengajaran yang lengkap dan efektif sesuai jenjang usia. Bobot materi tsaqofah dan ilmu-ilmu terapan harus seimbang. Belajar, baik dengan tatap muka maupun jarak jauh tetap akan dilakukan dengan senang hati baik guru maupun peserta didik. Guru akan kreatif menyajikan kurikulum yang tepat di masa pendemi dengan landasan dari kurikulum negara, sehingga kurikulum yang disajikan tidak menjadi beban bagi peserta didik. Demikianlah, Pendidikan di masa pandemi jelas membutuhkan perlakuan dan perhatian serius dari negara. Sebab setiap warga negara berhak mendapatkan Pendidikan yang layak dan memadai. Akan menjadi sebuah pengabaian terhadap hak warga negaranya, jika negara tidak menyiapkan segala yang dibutuhkan dalam proses penyelenggaraan Pendidikan. Wallahu ‘alam bishowab.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © All rights reserved. | Newsphere by AF themes.