Sab. Sep 19th, 2020

Teras Berita

Terarah, Aktual, Cerdas

Hikmah Iduladha 1441 H: Ketaatan Total Pada Syariat Islam dan Siap Berkorban Menuju Solusi Pandemi

3 min read

Oleh : Yuchyil Firdausi, S.Farm.,Apt

Hari raya Iduladha telah tiba yang merupakan hari raya kedua bagi umat islam setelah hari raya Idulfitri. Hari raya Iduladha biasa disebut dengan hari raya haji karena menjadi puncak dari ibadah haji dan atau juga disebut hari raya kurban sebab dilakukan penyembelihan hewan kurban. Namun ada yang berbeda dengan perayaan hari raya Iduladha kali ini sebab dilaksanakan di tengah pandemi covid-19 yang belum berakhir.

Pandemi covid-19 masih menjadi kekhawatiran bagi seluruh masyarakat sebab tak hanya ancaman nyawa namun juga banyak krisis yang ditimbulkan akibat pandemi ini. Mulai dari sektor kesehatan yang mana kebutuhan terhadap fasilitas kesehatan lebih banyak, kebutuhan akan alat pelindung diri (APD) meningkat namun ketersediaannya terbatas, kebutuhan terhadap tes rapid, tes swab, obat-obatan, juga vaksin. Di sektor ekonomi, krisis yang muncul memengaruhi semua lini kehidupan mulai dari angka produk domestik bruto (PDB) yang menurun tajam, lapangan kerja yang tutup, meningkatnya pengangguran, tingginya kemiskinan, manufaktur serta penjualan ritel yang semakin merosot tajam, hingga resesi menjadi ancaman di depan mata.

Di sektor sosial meliputi pendidikan dan keluarga pun juga muncul krisis akibat pandemi. Sebut saja di bidang pendidikan, proses belajar mengajar harus dilakukan secara online atau daring (dalam jaringan). Sistem online ini ternyata cukup memberikan kesulitan besar bagi sebagian peserta didik dan guru, yang mana guru dan murid harus mengeluarkan dana untuk kuota, di daerah tertentu terkendala sinyal, bahkan tak semua peserta didik dan guru paham teknologi, tak semua siswa paham bila diajarkan melalui online. Di sektor ketahanan keluarga, krisis yang muncul antara lain meningkatnya angka perceraian lantaran ekonominya tak tercukupi.

Antisipasi dan solusi dari pemerintah pun tak menunjukkan hasil, justru krisis semakin meningkat, angka kasus Covid-19 tak kunjung turun bahkan terus bertambah banyak setiap harinya. New normal tidak mampu menyelesaikan masalah wabah covid-19 maupun krisis akibat pandemi. Tentu saja menjadi sebuah kebutuhan mendesak bagi umat untuk mencari solusi lain yang mampu menyelesaikan pandemi covid-19 serta krisis ikutannya secara sempurna.

Iduladha di tengah pandemi adalah sesuatu yang berbeda dari biasanya. Namun hikmah Iduladha tidak pernah berbeda. Iduladha mengajarkan pada umat untuk senantiasa taat secara sempurna pada Allah Swt dalam segala kondisi dan siap berkorban meninggalkan seluruh orientasi individual dan materialistik menuju keinginan meraih ridho ilahi rabbi semata. Dengan demikian seharusnya pelaksanaan Iduladha tidak hanya menjadi seremonial semata setiap tahunnya namun hikmahnya mampu membekas pada sanubari setiap muslim.

Iduladha 1441 H seharusnya dijadikan refleksi dalam penyelesaian masalah covid-19. Pandemi dan krisis ikutannya yang masih belum berakhir ini harus segera dicari solusi penyelesaiannya. Berbagai solusi yang ada sekarang tak mampu menyelesaikan sehingga merupakan kebutuhan mendesak untuk mendapatkan solusi atas krisis. Maka seharusnya umat pun mulai sadar bahwa satu-satunya jalan untuk mencari solusi atas permasalahan hidup adalah kembali kepada aturan Sang Pencipta Kehidupan yakni dengan tegaknya seluruh syariat sebagai solusi, begitu pula dengan solusi untuk krisis akibat pandemi ini. Sebab Allah adalah yang menciptakan kehidupan dan tentu Allah lebih tahu tentang kehidupan, sehingga aturan Allah adalah yang terbaik. Kembali pada aturan Allah adalah bermakna ketaatan sempurna pada seluruh syariatNya dan penguatan tekad untuk berkorban seluruh daya upaya untuk menegakkan aturan Allah dalam kehidupan. Dengan demikian masalah umat, termasuk di dalamnya adalah krisis dan pandemi mampu diselesaikan dengan aturan Sang Pengatur kehidupan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © All rights reserved. | Newsphere by AF themes.