Sab. Apr 17th, 2021

Teras Berita

Terarah, Aktual, Cerdas

Islam Bukan Hanya Wakaf

1 min read

Oleh : Sanah

Baru-baru ini Pemerintah lndonesia meluncurkan Gerakan Nasional Wakaf Uang (GNWU). Pemerintah mengklaim gerakan ini adalah bentuk pengembangan ekonomi syariah untuk mendukung percepatan pembangunan nasional.

Gerakan ini menuai pro dan kontra di masyarakat. Sebagian masyarakat menolak karena rasa tidak percaya pada sikap amanah pemerintah. Di sisi lain, gerakan ini hadir pada saat maraknya kasus korupsi Bansos, Jiwasraya dan Asabri. Masyarakat juga menyoroti perilaku pemerintah yang sering memojokkan ajaran lslam dan dan mengkriminalisasi ulama dan aktifis lslam yang tidak sepaham dengannya.

Hal itu menimbulkan kesan bahwa pemerintah hanya ramah terhadap sebagian hukum lslam yang bersifat pribadi, keluarga dan yang memiliki nilai finansial (seperti zakat, haji dan wakaf). Namun, di sisi lain pemerintah tidak mau menerima syariah Islam yang lainnya, seperti penerapan lslam dalam bidang sosial, politik, hukum dan pemerintahan. Bahkan menuding masyarakat yang berkomitmen dalam dakwah Islam kaffah dicap intoleran dan radikal.

Sebagai muslim, selayaknya kita meyakini bahwa Islam bukan hanya zakat dan wakaf saja. Tetapi, Islam juga memiliki solusi pada persoalan ekonomi bangsa. Solusi menyeluruh persoalan negeri ini bisa benar-benar tuntas jika Islam Kaffah diterapkan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © All rights reserved. | Newsphere by AF themes.